Cara Pasang Kompor Tanam di Rumah!

Banyak orang yang kebingungan bagaimana cara memasang kompor tanam di rumah. Hingga akhirnya membuat mereka memilih untuk memanggil jasa teknisi profesional sehingga lebih mudah saat pemasangan. Namun sebenarnya langkah-langkahnya pun juga tidak begitu sulit saat melakukannya.

Perbedaan Kompor Tanam Listrik dan Gas

Sebelum tahu bagaimana cara pasangnya, kini penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan kompor tanam listrik dan gas. Tentu saja beda utamanya  berada di bahan bakarnya. Kompor listrik sebenarnya terasa lebih aman dan sederhana jika dibandingkan dengan kompor tanam dari gas.

Ketika isi tabung gas sudah habis, maka Anda harus segera mengisi ulang yang tentunya hal ini diakui cukup memakan waktu khususnya saat proses pemasangan ulang. Namun meski begitu, kompor listrik juga mempunyai kekurangan karena sama sekali tidak bisa digunakan saat sedang mati listrik.

Untuk kisaran harganya, kompor listrik memang tergolong lebih mahal jika Anda bandingkan dengan kompor gas. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan utama apabila memilih salah satu diantara keduanya.

Layanan Jaya Mandiri Teknik :Service Kompor AristonService Kompor ModenaService Kompor TecnogasService Kompor DeliziaService Kompor TekaService Kompor TanamService Kompor

Cara Pasang Kompor Tanam Listrik

Kompor tanam ini diakui tidak memakan banyak tempat karena pemasangannya akan ditanam di dalam meja dapur atau kitchen set. Desainnya tampak begitu sederhana sehingga membuat furniture satu ini terlihat begitu cantik dan cocok untuk dipadukan bersama area dapur bergaya modern.

  1. Memastikan Lokasi Pemasangan Sudah Cukup

Sebelum memulai untuk memasang kompor tanam ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah dalam area dapur sudah memiliki space ruang yang mencukupi atau belum. Mengingat bahwa dalam setiap hunian tentu mempunyai ukuran berbeda-beda dalam setiap kali peletakan furniture.

Idealnya Anda harus mempunyai ruang sepanjang 76 cm dan lebar antara 30 hingga 60 cm di dalam meja dapur tersebut. Selain itu juga perlu memeriksa pada kompor tersebut untuk melihat ukuran kompor tanam yang dibeli. Jadi sesuaikan lagi apakah sudah pas atau belum sebelum memasang.

Memeriksa Lokasi Kotak pada Simpang Listrik

Mengingat bahwa kompor tanam satu ini biasanya menggunakan listrik sebagai sumber energinya, Anda pun juga harus mempersiapkan lokasi kotak simpang listrik pada area dapur tersebut. Apabila masih belum memiliki, gunakan saja layanan teknisi untuk memasang komponen tersebut.

Kotak simpang listrik ini berfungsi sebagai tempat agar kompor tanam bisa memperoleh daya dari listrik. Dengan begitu, harapannya Anda tidak memerlukan berbagai peralatan lainnya untuk menyambungkannya pada listrik selama pemakaian sehingga mengganggu tampilan fungsinya.

  • Proses Pemasngan

Ketika hendak memasang kompor, Anda bisa melepaskan seluruh bagian kompor tanam terlebih dahulu. Hal ini memudahkan proses pemasangan dan juga berfungsi untuk meminimalkan kemungkinan adanya komponen rusak akibat salah peletakan pada saat merakitnya.

Anda juga harus menyingkirkan terlebih dahulu beberapa bagian penting seperti tungku dan pelindung pada pembungkus di sekeliling kompor tanamnya. Nantinya pasang kembali setelah semua komponen dari kompor tanam gas tersebut sudah terpasang lagi.

Memasang Kliip Pegas

Pemasangan klip pegas pada meja dapur ini  berfungsi untuk menahan kompor tanam di tempatnya. Sayangnya hal ini seringkali dilupakan oleh orang-orang sehingga mereka akan kesulitan ketika hendak menggantungkan klip di sisi pinggirnya.

Anda bisa menggantungkan klip pada area pinggir lubang. Selanjutnya pasang kembali menggunakan sekrup agar terpasang lagi. Jangan pernah menganggap enteng bagian ini karena sebenarnya fungsinya sangat penting meskipun ukurannya kecil.

  • Menurunkan Kompor ke Tempat Ditanam

Anda harus menyiapkan terlebih dahulu area yang akan digunakan untuk kompor tanam tersebut. Sesuaikan saja pada lebar dan panjang berdasarkan ukuran kompor tersebut. Jangan lupa juga memperhatikan tingginya agar tidak terlalu tinggi atau rendah pada saat kegiatan memasak.

Selanjutnya, masukkan kompor ke dalam lubang dan pastikan juga telah memasukkan kabel terlebih dahulu ke dalam lubangnya. Langkah terakhir adalah menekan sampai benar-benar terkunci pada klip pegas.

  • Menyambungkan Kabel Kompor Tanam ke Sumber Listrik

Khusus untuk kompor listrik, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa listrik sudah dalam keadaan mati sebelum menghubungkannya ke kotak simpang listrik. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah mengalami cedera akibat kesetrum saat hendak menyambungkan ke daya listrik.

Setelah dipasang, Anda bisa memasang kembali semua bagian yang sudah dilepaskan. Selanjutnya nyalakan listrik untuk memeriksa apakah kompor bisa berfungsi dengan baik atau belum. Apabila masih terkendala, cek kembali semua sambungan komponennya.

Cara memasang Kompor Tanam Gas

Cukup berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya, kali ini untuk pengguna kompor tanam gas, Anda bisa mengikuti cara pasang kompor di bawah ini. Sebenarnya tidak jauh berbeda dimana perbedaan hanya terletak pada sumber dayanya.

  1. Menyiapkan Meja Dapur dan Tempat Menyimpan Kompor Tanam

Pertama-tama Anda harus memiliki meja dapur terlebih dahulu yang nantinya dapat digunakan untuk menyimpan kompor tanam tersebut. Tentu saja hal ini menjadi salah satu keharusan bagi siapapun ketika hendak memiliki kompor tanam baik gas maupun listrik di dalam dapur mereka.

Selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan seberapa besar tempat untuk menyimpan kompor tanam yang telah dibeli. Hal ini berhubungan dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi dari kompor agar sesuai dengan area meletakkan kompor tanam tersebut.

Mengukur Tempat Menyimpan Kompor Tanam

Ketika sudah tersedia lubang yang sesuai dengan bentuk kompor tanam, kini saatnya Anda bisa memulai untuk memasang kompor tersebut. Biasanya para produsen sudah menyertakan ukuran panjang dan lebar pada keterangan kardusnya sehingga memudahkan para pembeli.

Namun jika tidak ada, Anda bisa menggunakan kardus bekas kompor tanam tersebut sebagai acuan untuk melubangi tempat meja dapurnya. Tentu saja tujuannya adalah agar ukurannya benar-benar sesuai dan tepat dengan ukuran kompor tanam tersebut.

  • Memasang Kompor Tanam ke Lubang

Jika meja dapur telah Anda lubangi sesuai dengan ukuran yang diperlukan, maka saatnya meletakkan kompor tanam tersebut ke lubangnya. Pastikan juga pemasangan ini telah tepat sehingga membuat hasil instalasi tersebut benar-benar sejajar dengan permukaan mejanya.

Jika sudah selesai, maka Anda bisa menyambungkan kompor tanam dengan regulator gas sekaligus pada tabung gasnya. Nyalakan kompor untuk melakukan pengecekan apakah sudah berfungsi maksimal atau tidak.

  • Menyambungkan Regulator ke Tabung Gas

Langkah terakhir sebelum Anda melakukan pengecekan adalah menyambungkan regulator ke tabung gas. Pasanglah secara perlahan dengan hati-hati dimana sebelumnya sudah memastikan bahwa regulator dalam keadan berfungsi.

Jika sudah tersambung dengan baik, Anda bisa melakukan pengecekan untuk menyalakan  kompor. Jangan lupa juga untuk mengecek pada setiap tungku yang ada. Hal ini juga berfungsi penting dalam menghindari adanya resiko  kebocoran pada regulator gas.

Itulah tadi berbagai cara pasang kompor tanam yang dapat Anda ikuti secara perlahan. Jangan ragu jika ingin tertarik menggunakan jenis kompor satu ini baik pada tipe gas maupun listrik. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan tersendiri namun sama-sama estetik dari segi penampilannya.

Layanan Jaya Mandiri Teknik :

Leave a Comment

Apa Kata Mereka ?

testimoni service kompor tanam 5 tungku
Ibu Indri

Customer

Pak Rizal

Customer

Pak Allen

Customer